BARNUM EFFECT

Daldisa
Daldisa
Kamu pasti tau kan, apa
itu ramalan astrologi?
Misalnya, "Capricorn, hari ini kamu akan mendapat keberuntungan". Atau deskripsi sifat: "Leo punya sifat kepemimpinan, murah hati, dan berani." dsb..

Dan rasanya ramalan horoskop itu benar-benar cocok dengan kamu.. Tapi, apakah ramalan itu memang bisa memprediksi hidup kamu?
Ternyata hal seperti ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Dalam psikologi, hal ini biasa disebut dengan Efek Barnum.

Efek Barnum terjadi ketika seseorang menganggap deskripsi tentang dirinya akurat, karena seolah-olah dibuat khusus untuk dia. Padahal, deskripsi tersebut sebenarnya sangat umum dan bisa diterapkan kepada orang lain.

Efek Barnum ini bekerja lebih baik jika deskripsinya bersifat positif. Seseorang biasanya cenderung tidak akan setuju ketika suatu deskripsi dari hasil tes atau ramalan mereka menunjukkan pernyataan negatif.
Efek Barnum bukan hanya dipakai horoskop, bisa juga dipakai dalam ramalan lainnya seperti kartu tarot, ramalan garis tangan, dl. Bahkan Efek Barnum sering dipakai dalam berbagai tes kepribadian.

 Untuk beberapa orang, mempercayai ramalan horoskop bisa memberikan mereka kesenangan dan rasa nyaman. Tetapi tetap saja bukan ide yang bagus untuk membuat keputusan apapun berdasarkan ramalan seperti ini.

Manusia itu sangat berbeda-beda, bukan hanya ada 12 jenis kepribadian. Tidak semua orang akan bertindak sesuai ramalan horoskopnya.



Comments : BARNUM EFFECT