BELAJAR JENIS-JENIS FORMAT VDEO

Daldisa
Daldisa
Mungkin kamu sudah tahu, smartphone yang
kamu pegang saat ini bisa memutar beragam
format video. Coba sebut apa saja format video yang kamu tahu? Adakah di antaranya MP4, AVI, 3gp hehe Ya, semuanya benar. Kalau dihitung-hitung, format video yang ada di dunia saat ini sudah mencapai 30, cukup banyak ya sob! Namun, setiap format pasti memiliki cerita mengenai kemunculannya. Tidak hanya itu, format satu dengan yang lain juga tentu punya kelebihan dan kekurangan. Langsung simak sob!

MP4

Kelebihan MP4 adalah, format video ini bisa disetel di banyak aplikasi pemutar video. Kualitasnya video yang dihasilkan juga cukup bagus, dengan ukuran file relatif kecil. Bahkan, toko musik iTunes menggunakannya sebagai standar. Meski begitu, MP4 tidak luput dari kekurangan. Salah satunya
yakni karena format ini sangat populer, ada risiko penyalahgunaan distribusi (mudah dibajak). Video berformat MP4 juga lebih sulit untuk diedit dan dalam beberapa kasus mengalami penurunan kualitas karena kompresi yang terlalu tinggi

MKV

MKV alias Matroska Video sifatnya open-source, artinya gratis digunakan oleh siapa pun dan dikembangkan secara sukarela. Di awal kemunculannya, MKV menjadi kompetitor format lain seperti MP4 dan AVI. Namun, pada 2014, Microsoft sudah mengumumkan bahwa Windows 10 bakal mendukung format MKV. Kelebihannya dari format yang satu ini adalah mendukung banyak codec karena sifatnya yang open-source. Sementara kekurangannya adalah ukuran file-nya relatif besar akibat dukungannya terhadap macam-macam codec.

AVI

Audio Video Interleaved, Bisa disetel diseluruh sistem operasi. Hanya saja karena cukup jadul, format ini punya berbagai keterbatasan. Misal, AVI tidak bisa menampung lampiran seperti subtitle, judul, font, dan sebagainya. Karena itu, saat kamu menonton film dengan format ini, kamu mesti memasukkan subtitle dalam file terpisah ke media player. File video dengan format AVI juga memiliki ukuran yang relatif besar.

MPG

MPG adalah 'buyuƄ' dari format yang paling jamak digunakan saat ini, MP4. Keunggulan dari format ini adalah kemampuan replikasi yang sama dengan kualitas aslinya. Selain itu, file audio yang ada di dalamnya, MP3, juga punya kualitas oke dan masih digunakan sampai sekarang. Beberapa kekurangan dari MPG yakni, Memerlukan software khusus untuk bisa mengubahnya. Bentuknya sudah sangat mampat sehingga tak direkomendasikan untuk diedit. Perlunya waktu lama untuk membuka jika file berukuran besar.

3GP

Format 3GP pada dasarnya masih merupakan keluarga dari MP4. Sebab, 3GP menggunakan codec berbasis MPEG. Hanya, karena forrmat ini dikhususkan untuk ponsel, ukuran sebuah video menjadi menyusut. Penyusutan ukuran menyesuaikan ponsel yang tidak mendukung video beresolusi tinggi. Jika kamu masih ingat, seluruh video yang direkam oleh ponsel featured zaman dahulu menghasilkan file dengan format ini Karena ukuran yang menyusut secara drastis, kualitas dari video berformat 3Gp juga tidak terlalu baik. Coba saja menyetelnya di laptop atau komputer. Sudah dipastikan gambarnya akan 'patah-patah dan pecah.


Comments : BELAJAR JENIS-JENIS FORMAT VDEO