RYOMEN SUKUNA SI MUKA DUA DALAM MITOLOGI JEPANG

Daldisa
Daldisa

Seri Jujutsu Kaisen adalah salah satu seri manga dan anime terpopuler saat ini,
meskipun baru saja diluncurkan pada 2019 kemarin. Serinya sendiri berkisah tentang sosok Yuji Itadori yang harus menghadapi takdirnya menjadi wadah bagi sosok makhluk supranatural terkuat, yaitu Ryomen Sukuna. Berikut ini adalah beberapa fakta serta legenda tentang sosok Ryomen Sukuna dalam mitologi Jepang.

SIAPA ITU RYOMEN SUKUNA?


Dalam cerita di seri Jujutsu Kaisen, Ryomen Sukuna digambarkan sebagai seorang penguasa para kutukan. Singkatnya, Sukuna adalah Raja Kutukan. Sukuna mempunyai 2 kepala dan 4 tangan, wajah dan badannya terdapat semacam tanda berwarna hitam. Secara karakteristik ia adalah seseorang yang sadis, rakus, dan selalu ingin berkuasa.

Sebelum menjadi iblis penguasa dunia kutukan, dulunya Sukuna hanya seorang manusia biasa. Namun karena ia sudah lelah dengan para Jujuts, akhirnya Sukuna menjadi penjahat terbesar di masanya. Karena hal itu para Jujutsu mulai memburunya dan berhasil mengalahkan sukuna meskipun banyak korban yang berjatuhan. Seluruh jari-jarinya yang berjumlah 20 disebar di berbagai tempat rahasia, hal ini dilakukan untuk mencegah Sukuna agar tidak bangkit kembali.


KEKUATAN RYOMEN SUKUNA


Sukuna memiliki kekuatan yang sangat hebat dan memiliki regenerasi serta daya tahan yang tinggi. Pada episode4 kita melihat Sukuna mengambil alih tubuh Yuji dan menumbuhkan kembali tangannya yang buntung. Sukuna juga bisa memanipulasi berbagai energi kutukan, ia tidak akan kelelahan selama apapun saat bertarung. Teknik Domain Expansion miliknya sangat menarik dan unik dalam serinya, Sukuna juga memiliki kekuatan fisik seperti kecepatan dan refleks yang hebat.

SUKUNA DALAM MITOLOGI JEPANG


Ryomen Sukuna adalah sosok nyata dalam mitologi Jepang yang muncul di Provinsi Hida pada zaman kuno. Ada yang mengatakan bahwa ia jahat dan ada juga yang mengatakan bahwa ia baik. Menurut Nihon Shoki (buku tua yang membahas
sejarah Jepang), Sukuna tidak mematuhi
kekaisaran, mengancam dan mencuri, hingga membuat banyak orang menderita.Sampai pada
tahun 377 pihak kekaisaran mengirim komandan militer untuk mengusir Sukuna.

Sementara orang-orang dari Provinsi Hida dan Mino, memperlakukan Sukuna sebagai kaiki (pelindung kuil). Dikatakan bahwa Ryomen Sukuna-lah yang memperkenalkan agama Buddha ke Provinsi Hida melalui banyak kuil lainnya. Hingga saat ini ia disembah oleh sebagian kelompok dan bahkan banyak kuil di Jepang yang menghadirkan patung Sukuna. Ada juga teori yang berkata bahwa Ryomen Sukuna adalah simbol dari saudara kembar laki-laki. Teori Iain mengatakan bahwa Sukuna mengacu pada putra Kaisar Chuai yaitu Kagosaka no Miko dan Oshikuma no Mikoto yang mana mereka berhubungan dekat dengan Provinsi Hida dan Mino.

Comments : RYOMEN SUKUNA SI MUKA DUA DALAM MITOLOGI JEPANG